Jumat, 20 Juli 2012

Hentikan Mengunakan Lumba-Lumba di Sirkus

0 komentar
BocahUpdate - Siapa yang tak terhibur dengan aksi lumba-lumba di sirkus ? dan pasti kalian bertanya-tanya bagaimana lumba-lumba bisa melakukan aksi akrobatik yang memukau dengan intruksi si "pawang" orang yang disebut juga mentor dari lumba-lumba, bagaimana si "pawang" tersebut bisa memerintah lumba-lumba ? memang lumba-lumba adalah binatang pintar dan sering juga dikatakan bahwa lumba-lumba mengerti perasaan manusia.

Pertanyaan di atas berhubungan tentang fakta yang mencengangkan, saat aku berjalan-jalan di kompas.com ada sebuah artikel tentang lumba-lumba, isinya tentang "lumba-lumba di sirkus dipaksa lapar untuk menuruti pawangnya" kalian yang pernah melihat sirkus lumba-lumba pasti melihat setiap lumba-lumba yang berhasil melakukan akrobat akan diberi ikan atau makanan sebagai hadiah hal itu sebenarnya membuat lumba-lumba tersiksa.

Fakta di atas sangat mengejutkan lumba-lumba yang dikenal sebagai sahabat manusia diperlakukan sebaliknya oleh manusia, hal ini membuat kita berpikir pernahkah lumba-lumba menyerang atau melukai manusia ?

Jakarta Animal Aid Network(JAAN) sedang menyuarakan kepada pengelola sirkus di indonesia untuk tak menggunakan lumba-lumba di sirkus mereka.
Selain lumba-lumba yang sengaja dibuat lapar ada hal lain yang membuat lumba-lumba tidak diperbolehkan disirkus yaitu suara bising mesin saat mengangkut lumba-lumba mengunakan mobil, truk, pesawat atau musik keras di pertunjukan bisa merusak sonar pada lumba-lumba dan kandungan klorin dalam kolam pun terkadang membuatakan mata lumba-lumba sehingga tak jarang lumba-lumba mati.

Membaca fakta diatas aku pribadi ikut mendukung untuk tidak mengunakan lumba-lumba di sirkus, semoga pembaca juga sependapat denganku.

0 komentar:

Posting Komentar